Tips Memasak Udang, Jangan Sampai Salah Ya !

Salah satu jenis makanan laut yang sangat disukai banyak orang adalah udang. Ya, hewan laut yang satu ini memang memiliki rasa gurih dan manis yang khas. Tidak heran banyak orang yang menyukai olahan daging udang. Namun ada beberapa tips yang perlu kalian perhatikan dalam mengolah udang. Simak tips berikut ini ya sobat.

Jika kalian ingin membeli udang yang sudah dikupas, usahakan pilih yang kepalanya sudah dibuang. Hal ini dikarenakan adanya enzim di bagian kepala udang yang dapat membuat daging udang menjadi lembek. Tentu kalian tidak ingin mengkonsumsi daging udang yang sudah lembek bukan ?

Ingatlah, kalian boleh saja membeli udang beku, namun perlu kalian ingat bahwa udang yang beku belum tentu udang segar. Biasanya penjual membekukan udang tersebut agar terlihat segar, padahal kenyataannya udang yang dijual sudah lama dan mereka menutupinya dengan cara membekukannya.

Mengolah udang dalam keadaan beku juga bukan pilihan yang baik, apalagi mencairkannya menggunakan air panas. Suhu ekstrim pada air panas serta hawa dingin yang ada pada daging udang beku akan membuat tekstur dagingnya menjadi lembek.

Dalam membersihkan udang, kalian juga perlu memperhatikan bagian garis hitam yang ada pada punggung udang. Memang bagian ini tidak berbahaya, namun jika bagian ini tidak dibuang, daging udang akan terasa sedikit pahit. Jadi alangkah baiknya untuk membuat garis hitam tersebut sebelum mengolah daging udang.

Jika ingin mengolah udang, usahakan kulit udang jangan dibuang. Mengapa demikian ? Karena kulit udang akan menjaga tekstur dari daging udang itu sendiri. Jika kalian membuang kulit udang sebelum diolah, besar kemungkinan daging udang akan terasa lebih lembek.

Apakah kalian suka membuang kepala udang ? Daripada dibuang, lebih baik dimasak bersamaan dengan daging udang. Kepala udang memiliki tingkat umami yang paling tinggi. Kalian bisa mendapatkan kaldu udang yang nikmat dari rebusan kepala dan juga kulit udang. Yummy !

Sebelum memasak daging udang, lebih baik marinasi daging udang dengan bumbu selama 30 menit agar bumbu meresap sempurna. Udang yang tidak dibumbui dengan baik akan terasa kurang sedap ketika dikonsumsi. Alangkah baiknya memarinasi udang dengan garam yang cukup, bukan berarti udang berasal dari laut lalu dagingnya terasa asin bukan ?

Yang terakhir dan yang paling penting, jangan sampai memasak daging udang hingga overcooked ( terlalu matang ). Daging udang yang dimasak terlalu lama akan memiliki tekstur seperti karet. Jadi hitung waktu memasak kalian agar daging udang dapat matang dengan sempurna ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *