Jenis Instrumen Investasi yang Wajib Diketahui Investor Pemula

Investasi merupakan hal yang sangat wajib dilakukan saat ini. Demi mengejar inflasi yang terjadi, para generasi muda harus melek finansial sejak dini dan mulai berinvestasi. Sebelum melakukan investasi, pelajarilah beberapa instrumen investasi yang ada. Mari simak instrumen investasi yang tersedia :

Jenis Instrumen Investasi Yang Dapat Dipilih dan Sesuai Kebutuhan Kita

1. Saham
Saham adalah salah satu instrumen investasi yang berupa surat kepemilikan sebuah perusahaan. Investasi saham merupakan pilihan utama para investor yang profesional. Mendapatkan keuntungan dari investasi saham terdapat dua cara yaitu dengan capital gain dan juga dividen.

2. Deposito
Deposito merupakan salah satu instrumen investasi yang sama seperti menabung namun bisa mendapatkan banyak keuntungan. Pada deposito akan ada jangka tabungan dari bulan hingga hitungan tahun. Dari jangka waktu yang anda tentukan, anda tidak boleh menarik uang terlebih dahulu sampai waktunya tiba.

3. Reksa Dana
Reksa dana adalah salah satu instrumen investasi yang paling mudah dipelajari. Biasanya reksadana telah ditentukan kapasitasnya melalui Manajer Investasi sehingga bisa mendapatkan keuntungan dengan risiko yang kecil.

4. Cryptocurrency
Akhir – akhir ini sangat booming crypto currency yang merupakan mata uang digital. Naik dan turunnya harga koin crypto ini juga tidak dapat ditebak dengan mudah sehingga dapat termasuk sedikit gambling untuk menaruh modal dan berinvestasi di instrumen ini.

5. Obligasi
Obligasi adalah salah satu instrumen investasi yang disebut juga dengan surat utang. Sebagai investor, anda akan memberikan utang kepada negara ataupun perusahaan. Lalu dengan bunga yang diberikan anda bisa mendapatkan keuntungan dari berinvestasi lewat obligasi. Dapat dikatakan obligasi yang dikeluarkan oleh negara adalah yang paling aman.

6. Emas
Instrumen investasi yang sejak dulu dilakukan oleh banyak orang adalah dengan menyimpan emas. Harga emas yang setiap saat naik membuat berinvestasi emas merupakan hal yang menguntungkan. Saat ini muncul juga emas digital sehingga para investor dapat dengan mudah berinvestasi emas melalui aplikasi di ponsel pintar.

7. Properti
Instrumen investasi lainnya yaitu properti. Seperti yang kita tahu bahwa harga properti akan terus naik dan memberikan para pemilik keuntungan yang tidak terbatas. Carilah properti yang lokasinya strategis sehingga mempermudah keuntungan yang akan diperoleh.

Setelah mengerti beberapa jenis instrumen investasi, anda bisa memilih satu atau lebih yang menurut anda cocok untuk anda saat ini. Pelajarilah terlebih dahulu instrumen investasi yang akan anda gunakan demi menata finansial anda kedepannya.