MANFAAT BUAH PISANG

 

20 Manfaat Buah Pisang untuk Kehamilan dan Kesehatan, Bisa jadi Menu Diet  Sehat! | OramiSemua orang tentunya sudah tidak asing lagi dengan buah pisang dong ya? karena pisang adalah buah yang sudah dikenal luas diseluruh indonesia, dimana kamu bisa menikmatinya denganberbagai cara, kamu bisa memakannya secara langsung, dikukus, digoreng ataupun diolah dengan bahan lainnya, tidak hanya rasanya yang enak namun mempunyai banyak manfaat juga loh.

Dalam taksonomi pisang masuk dalam genus musa dan famili Musaceae, banyak jenis spesies pisang yang tersebar dalam kawasan Malesia, namun spesies yang paling sering dibudidayakan adalah didunia adalah pisang hutan.  Jenis pisang ini bisa tumbuh di bukit, hutan maupun didataran rendah. Selain itu, tanaman pisang bisa hidup bersamaan dengan tanaman jagung dan ketela pohon loh.

Tanaman ini bisa dipanen kapan saja karena tumbuhnya sesuai dengan segala jenis musim, dan untuk kematian pohonnya hanya terjadi saat berbuah hanya sekali semasa hidupnya. Kamu bisa mengonsumsi buah ini secara langsung atau di masak dahulu, pada awalnya buah pisang merupakan tumbuhan asli dari kawasan Asia tenggara yang kemudian menyebar keseluruh dunia, penyebaran nya mulai dari samudra atlantik menuju kepulau Madagaskar kemudian kebenua afrikadan selanjutnya menuju ke amerika tengah dan latin, sementara dari penyebaran dari utara melalui samudra hawaii dan pasifik.

Inilah beberapa manfaat dari buah pisang :
1. bisa membantu mengatasi hipertensi
kandungan kalium didalam buah pisang ini bisa membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh dan elektrolit sehingga membuat tekanan darah stabil, serat yang terkandung didalamnya bisa mengikat lemak akibatnya pembentukan plak bisa dicegah, dimana plak bisa menyempitkan ataupun menyumbat pembuluh darah sehingga akan menyebabkan tekanan darah dalam tubuh menjadi meningkat.
2. sumber vitamin A dan karbohidrat
pisang mengandung kaya akan serat dan vitamin jika dibandingakna dengan buah apel, pisang lebih mempunyai lebih dari 2kali lipat karbohidrat dan 5kali lipat vitamin A loh , selain itu juga kaya akan kalium dan magnesium.
3. memperlancar pencernaan
tidak perlu mengunakan obat, dengan mengonsumsi pisang kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam buang air besar lagi karena buah pisang bisa memperlancar pembuangan sisa proses metabolisme.
4. bisa meningkatkan kekebalan tubuh
kandungan vitamin A, B6, C bisa meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.
5. bisa memperlancar aliran oksigen  keotak
Inilah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu mengonsumsi buah pisang ini.