Intip Proses Pembuatan Besi Dan Baja

Halo bertemu lagi dengan saya disini. Kali ini saya akan membahas tentang besi. Apa besi? Besi yang buat bangun rumah ? besi yang buat bikin meja, kursi, dan lain lain? Yeap. Kok topiknya besi? Karena menurut saya besi adalah salah 1 unsur yang sangat penting bagi dunia saat ini. Besi pertama kali diproduksi di china di abad ke-5 SM ( sebelum masehi ). Kita tau bahwa besi ini sangat berguna sekali di dunia modern sekarang. Ini dapat digunakan sebagai alat bangun rumah, membuat meja, kursi, lemari, dan sebagainya. Namun besi ini Sangat kuat sampai dapat menahan bobot yang lebih dari biasanya.

Dengan ditemukanya besi kemajuan teknologi juga semakin maju di negara-negara yang lain. Di dunia modern sekarang ini, harga besi begitu mahal hingga puluhan juta bahkan ratusan juga untuk membangun rumah ada juga yang jutaan untuk membuat barang-barang seperti kursi, meja, dll. Besi juga membuat manusia jauh lebih efesien dengan waktu, Kenapa? Dikarenakan besi selain membuat barang-barang diatas dapat juga dibuat untuk membuat tangga, mobil, motor yang sekarang ini banyak di dunia modern.

Berikut contoh pembuatan besi:

Pertama-tama kita akan melakukan pemurnian besi terlebih dahulu. Namun ada 2 cara yang biasa digunakan 1 adalah dengan cara tradisional dan 1 lagi adalah dengan cara modern.

Cara tradisional : pada proses ini bijih besi dibakar dengan charcoal, dimana banyak mengandung carbon sehingga terjadi pengikatan oksigen, pembakaran tersebut menghasilkan karbondiokasida dan karbon monoksida yang terlepas ke udara, sehingga besi murni didapat dan dikeluarkan dari dapur,kekurangnya tidak semua besi dapat melebur sehingga terbentuk spoge, spoge berisi besi dan silica.

Proses lebih modern : adalah dengan blast furnace, blast furnace diisi oleh bijih besi, charcoal atau coke (coke adalah charcoal yang terbuat dari coal) dan limestone (CaCO3). Angin secara kencang dan kontinu ditiupkan dari bawah dapur. Hasil peluburan besi akan berada di bawah, cairan besi yang keluar ditampung dan disebut dengan pig iron Lalu setelah pemurnian barulah kita bisa membuat besi, sampai sini juga ada beberapa cara untuk membuat besi dengan proses konvertor, proses Thomas, proses siemens martini dan yang terakhir proses basic oxygen furnace ( BOF ).

Dengan berbagai jenis besi yang kita ketahui kita dapat mengambil kesimpulan betapa penting nya besi dalam kehidupan modern sekarang ini. Dengan bentuk yang sebagaimana mereka di buat untuk memenuhi kebutuhan manusia yang sangat maju sekarang ini. Sekian dari saya dalam pembahasan tentang besi. Saya berharap artikel ini dapat membantu bro and sis sekalian. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *